IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY HOTEL HORISON ULTIMA RISS YOGYAKARTA TERHADAP PENGUATAN RELASI YANG HARMONIS DENGAN MASYARAKAT SEKITAR (Study Kualitatif Deskriptif pada program CSR Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta)
Main Author: | Agata Vera, Setianingsih |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.apmd.ac.id/143/1/338-IK-IV-2016-AGATA%20VERA%20SETIANINGSIH-12530034_B.pdf http://repo.apmd.ac.id/143/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi program CSR Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta terhadap penguatan relasi dengan masyarakat sekitar, 2) untuk mengetahui hambatan implementasi program CSR Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta, 3) untuk mengetahui solusi yang diambil oleh Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta dalam mengatasi hambatan yang ditemui selama proses implementasi program CSR, 4) untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam penguatan relasi antara Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta dengan masyarakat sekitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah staf public relations, staf human resources, chief security, dan 5 warga sekitar Gowongan Kidul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data disajikan secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta membuat program CSR tidak menggunakan analisis kebutuhan masyarakat, 2) Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta belum responsif terhadap apa yang terjadi di sekitar lingkungan hotel, 3) Tidak adanya forum antara warga dan Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta, 4) Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta kurang komunikatif. Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta belum memiliki solusi atas permasalahan yang terjadi, karena selama ini hotel menganggap semuanya baik-baik saja, evaluasi dan laporan pelaksanaan program menunjukkan minimnya complain dari masyarakat. Warga merasa perlu ada diskusi dengan perwakilan hotel sehingga aspirasi warga dapat tersampaikan. Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta yang belum memahami mengenai CSR yang sebenarnya, merasa baik-baik saja dengan program yang dilaksanakan, program yang sebagian besar berisi charity. Hotel belum melakukan analisis kebutuhan masyarakat sehingga belum memiliki solusi atas hambatan-hambatan yang terjadi. Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta bisa memilih program berkelanjutan yang tidak hanya sebagai langkah promosi dan meningkatkan citra.