PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH MASKAPAI PENERBANGAN STUDI KASUS DI GARUDA INDONESIA YOGYAKARTA
Main Author: | Pandu Panunggal, Perdana Cahya |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.apmd.ac.id/118/1/369-IK-IV-2017-PANDU%20PANUNGGAL%20PERDANA%20CAHYA-13530032%20B.pdf http://repo.apmd.ac.id/118/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki banyak pulau. Agar mobilitas masyarakat yang tinggi berjalan dengan baik, tentu harus didukung oleh sarana transportasi yang mumpuni. Transportasi udara khususnya pesawat terbang adalah jawaban dari masalah ini. Garuda Indonesia meupakan salah satu maskapai full service yang ada di Indonesia yang menyediakan penerbangan ke berbagai penjuru daerah. Sebagai maskapai full service Garuda Indonesia memiliki harga tiket yang mahal, tetapi banyak masyarakat yang tetap memilih Garuda Indonesia.Peneliti ingin mengetahui faktor – faktor dominan mengapa banyak masyarakat tetap memilih Garuda Indonesia. Hal inilah yang menjadikan keunikan tersendiri sehingga menjadi dasar peneliti untuk mengambil kasus ini. Menurut pemikiran peneliti metode yang cocok adalah metode kualitatif dengan studi kasus. Dalam memilih sampel atau informan, peneliti menggunakan Sampling Purposive.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor motivasi, faktor budaya, faktor kepercayaan, faktor keluarga dan faktor brand image mempengaruhi masyarakat dalam memilih Garuda Indonesia. Dan faktor yang paling dominan adalah faktor kepercayaan. Selain itu reputasi maskapai tersebut ternyata juga turut mempengaruhi. PeneitI memberikan saran kepada Garuda Indonesia, yaitu peningkatan mutu pelayanan yang sudah bagus perlu untuk selalu ditingkatkan terutama di dalam food and baverage yang ada di pesawat. Penambahan rute – rute baru dengan bandara kecil juga perlu untuk menjadi bahan pertimbangan bagi kemajuan Garuda Indonesia’