PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 2
Main Authors: | ANA RATIH, DEVI, NURYONO, WIRYO |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal BK UNESA
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/12690 |
Daftar Isi:
- Motivasi belajar matematika merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar Matematika dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek itu dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Pungging setelah diberi konseling kelompok menggunakan strategi reframing. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperement dengan pretest posttest one group design. Sampel penelitianya 7 siswa dari kelas VIII H SMP Negeri 2 Pungging. Untuk memperoleh data digunakan alat pengumpul data berupa angket “motivasi belajar matematika.”’. Kata Kunci: konseling kelompok strategi reframing dan motivasi belajar matematika