Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Kimia (Oksidasi Reduksi) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone Melalui Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya
Main Author: | Nurpaidah, Sitti |
---|---|
Other Authors: | universitas negeri makassar |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Kimia FMIPA UNM
, 2016
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4579 https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4579/2624 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui metode langkah – langkah penerapan tutor sebaya yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar, dengan obyek penelitian siswa kelas x SMA Negeri 3 Watampone dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, siklus 1 dengan 4 kali tindakan atau pertemuan dan siklus 2 dengan 3 tindakan. Hasil analisis data dilakukan observasi dan tes hasil belajar. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya siswa kelas x SMA Negeri 3 Watampone mengalami peningkatan dan mencapai kualitas hasil belajar.Kata kunci: Metode tutor sebaya, Kualitas hasil belajar ABSTRACTThis research is a class action,which aims to determined the method steps peer tutors who can improved the quality of learning outcomes, with the object of research students class X SMA Negeri 3 Watampone with number of students are 36 people. This class action research consist of 2 cycles, cycles 1 to 4 times the action or meetings and cycle 2 to 3 action. Data analysis and test conducted observational study. Showed that the method of learning by applying peer tutor students has increased and achieved quality learning outcomes.Keywords: Peer tutor method, Quality learning outcomes