Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dan Umpan Balik pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Kimia SiswaKelas XI SMA Negeri 3 Watampone

Main Author: Sabriani, Sitti
Other Authors: universitas negeri makassar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Kimia FMIPA UNM , 2017
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4569
https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4569/2617
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini adalah eksprimen semu bertujuan untukmengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur dan umpan balikpada pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajarkimia siswa kelas XI SMA Negeri 3 Watampone. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan sebagaisampel adalah kelas XI IPA1, kelas XI IPA2, dan kelas XI IPA3.Data dikumpulkan melalui pemberian tes. Hasil analisis deskriptifmenunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diberikantugas terstruktur dan umpan balik lebih tinggi daripada yang hanyadiberikan tugas terstruktur tanpa umpan balik, begitupun juga yanghanya diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa umpanbalik dan tugas terstruktur. Hasil analisis inferensial menunjukkanbahwa tidak ada pengaruh pemberian tugas terstruktur, umpanbalik dengan tugas terstruktur, tugas terstruktur dan umpan balikpada pembelajaran koopratif tipe STAD terhadap hasil belajarkimia siswa kelas XI SMA Negeri 3 Watampone.Kata Kunci: Tugas terstruktur, Umpan balik, Hasil belajar,Kooperatif tipe STAD.ABSTRACTThe study was quasi-experiment aimed the influenceof structured task provision and feedback on cooperativelearning of STAD type toward chemistry learningachievement of grade XI Student’s at SMA Negeri 3Watampone. The population was wass students of grade XIIPA and the samples were grade XI IPA1, grade XI IPA2, andgrade XI IPA3. Data was collected through the provision oftest. The data then was analyzed by descriptive statistics andinferential statistics. The result of deskriptive analysisrevealed that students’ learning achievement which wasgiven a structured task and feedback was higher than thestructured task without feedback, also provision ofcooperative learning of STAD Type without feedback andstructured task. The result of inferential analysis revealedthat there was no influence on the provision of structuredtask, feedback with structured task, structured task andfeedback on cooperative learning of STAD type towardchemistry learning achievement of grade XI Student’s atSMA Negeri 3 Watampone.Keywords: Structured task, Feedback provision, Learningachievement, Cooperative learning of STAD