Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Hiperteks Pada Materi Ikatan Kimia

Main Author: Lolo Allo, Eda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Kimia FMIPA UNM , 2013
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/view/255
http://ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/view/255/pdf
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis teknologi infomasi dan hiperteks. Rancangan penelitian menggunakan model rancangan pengembangan Plomp meliputi tahap pengkajian awal, tahap perencanaan, tahap realisasi/konstruksi dan tahap implementasi. Pembelajaran dikembangkan interaktif dengan memanfaatkan program aplikasi Author Point Lite. Hasil implementasi pada siswa SMA Kristen Elim Makassar Kelas X2 menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan hiperteks pada materi pokok ikatan kimia memenuhi kriteria valid dan praktis tetapi belum efektif. Kata Kunci: Media pembelajaran, Teknologi Informasi, Hiperteks ABSTRACT This development research is aimed to develop learning model based on information technology and hypertext using the Plomp model includes; planning stage, realization/construction and implementation phase. Learning is developed interactively by utilizing an application program Author Point Lite. The results of the implementation to students X2 class of Kristen Elim Makassar school suggests that information technology based learning model and hypertext on the chemical bonding subject valid and practical criteria, but hasn’t effective.