Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Makassar (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia)
Main Authors: | Ramadhan, Vika Cahya, Ramdani, Ramdani, Sulastry, Taty |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Kimia FMIPA UNM
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/13642 https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/13642/9918 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif Multimedia Interaktif dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dalam model pembelajaran berbasis masalah dikelas eksperimen dan pembelajaran berbasis masalah tanpa multimedia interaktif di kelas kontrol serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok ikatan kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Makassar yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 37 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 10,44 > 1,65 pada α ═ 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan multimedia interaktif dalam model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Makassar (studi pada materi pokok ikatan kimia). Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Pembelajaran Berbasis Masalah,PBL, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia ABSTRACT The research is quasi experiment that aim to know the influence of using multimedia interactive on PBL to achievment of students of class X SMA Negeri 2 Makassar. The independent variable are PBL model with multimedia interactive and PBL model without multimedia interactive, and dependent variable is students’ achievment in chemical bonding main subject of learning. The populasi is whole student of X Grade SMAN 2 Makassar which consists of 6 classes. The sample include two classes such as X5 as an experiment class with 37 students and X4 class as a control class with 36 students The sampling technique is random. Data collection technique is obtained from objective test which consists of 20 items of multiple choice. The data analysis technique used are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The hypothesis test using t test shows that tcalculate > ttable = 10,44 > 1,65 on α ═ 0,05. Conclude that using multimedia interactive on PBL gives positive effect to toward student’s achievement of class X SMAN 2 Makassar on Chemical Bonding subject matter. Keywords : Multimedia Interactive, PBL, Student Achievement, Chemical Bonding