Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas VIII Mts Ad-Darsur Rabi': Al-Mihnah (Bab 4: Profesi)
Main Author: | Zaenal Muttaqin, Momon Mujiburrohman, Faruq Baharudin |
---|---|
Format: | Electronic Resource 96 hlm. |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elibrary.sekolahsabilillah.sch.id/smpis/index.php?p=show_detail&id=3221 http://elibrary.sekolahsabilillah.sch.id/smpis/lib/minigalnano/createthumb.php?filename=images/docs/kelas_8.png.png&width=200 |
Daftar Isi:
- Resume untuk buku ini difokuskan pada Bab IV pada hal. 38-39 dengan tema: المهـــنة (Profesi)Dalam Bab ini terdapat 7 sub bab yang terdiri dari:1. Al Mufradat (kosakata)Kosakata yang menjadi penekanan dalam sub bab ini berkaitan dengan nama-nama profesi yang ada dalam kehidupan sehari-hari, misalnya guru, petani, pedagang, dan lain-lain. Profesi-profesi tersebut dilengkapi dengan kata kerja yang sesuai dengan profesi tersebut, contohnya: المدرس يدرس التلاميذ الفلاح يزرع النباتات البائعة تبيع البضائع2. Latihan Mufradat (تدريبات على المفردات)Terdapat latihan untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi mufradat yang dijelaskan sebelumnya. Dalam latihan ini terdapat latihan:a. Mencocokkan gambar profesi dengan kalimat-kalimat tentang aktivitas suatu profesib. Menentukan kata kerja yang sesuai dengan profesinyaContoh: المهندس-ببني-المباني3. Al-HiwarPada materi Hiwar, terdapat latihan percakapan yang menggunakan fiil mudhari’ (kata kerja untuk waktu sekarang dan akan datang), contoh:تريد؟ أقرأ القرآن : ماذا تريد؟ أريد أن أقرأ القرآنتريد؟ أذهب إلى المكتبة: ماذا تريد؟ أريد أن أذهب إلى المكتبة 4. At-TarkibTarkib yang ditekankan dalam bab ini berkaitan dengan penerapan fiil mudhari’ yang apabila pelakunya diubah, maka kata kerja bentuk fiil mudhari’nya pun berubah. Jika pelaku adalah “saya” maka kata kerjanya diawali hamzah. Jika pelakunya orang ketiga tunggal (dia laki-laki), maka kata kerjanya diawali huruf ya’. Contoh:أحب أن أقرأ القرآنأحمد يحب أن يــقرأ القرآن5. Al-QiraahDalam sub bab ini siswa diajak untuk mengasah keterampilan membaca pemahaman. Pola kalimat yang diajarkan dalam Al-Qiraah ini adalah Fiil Mudhari’. Teks bacaan yang disampaikan berkaitan dengan Ashabul Mihnah (pemilik profesi) dan segala macam aktivitasnya. Dalam teks bacaan ini terdapat 3 paragraf.Contoh teks bacaan:وهم الفلاح والبائع والمهندس والشرطي والطبيب:هذا فلَّاحٌ، الفلاح يزرع النباتات ويوفِّر لنا المواد الغذائيَّةَ أيضا ببيعها في السوق6. Al-KitabahKitabah artinya menulis. Siswa diarahkan untuk menulis dengan mengganti pola kalimat yang disesuaikan dengan pelakunya (subyeknya). Penulis buku ini memberikan satu contoh kalimat sebagai stimulus, lalu di bawahnya terdapat subyek. Lalu siswa diminta melengkapi subyek tersebut dengan kata kerja yang tepat. Contoh:أنا أحب أن أستريح قليلا في بيتيأنت ____________________ هو _____________________ 7. Duruus IdhafiyyahDalam sub bab ini terdapat materi tambahan yang penjelasan seputar tanda baca di akhir tiap kata kerja bentuk mudhari’, yaitu huruf terakhir fiil mudhari’ pelaku mufrad (tunggal) yang berada setelah أن harus dibaca fathah. Sedangkan huruf terakhir fiil mudhari’ pelaku jamak laki-laki yang berada setelah أن dihilangkan huruf nun nya (ن) dan diganti dengan alif (ا). Contoh:أنا أحب أن أقرأ كتاباوالجميع يحبون أن يكونوا نافعين