PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN KONVENSIONAL PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH

Main Author: Maulina, Maulina
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Biotik , 2018
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/2727
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/2727/1984
Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Berkelompok Tipe STAD (Student team Achievement Division) dan Konvensional pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia di Kelas VIII pada SMP Negeri 5 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia yang diajarkan secarara Berkelompok Tipe STAD dan konvensional di kelas VIII pada SMP Negeri 5 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas Eksperimen dan kelas Kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini berupa perangkat tes tertulis (pretes dan postes) serta dokumentasi. Pengolahan data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa menggunakan model pembelajaran berkelompok tipe STAD dan konvensional pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia Di Kelas VIII Pada SMP Negeri 5 Banda Aceh. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh harga thitung 4,93 dan ttabel = 1,64 pada taraf signifikan 0,05 yaitu thitung > ttabel. Simpulan penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar anatar siswa menggunakan model pembelajaran berkolompok Tipe STAD dan konvensional pada Konsep Sistem Pencernaan di SMP Negeri 5 Banda Aceh.