DETERMINAN PERSEPSI ETIKA MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Muria Kudus)

Main Authors: Ernawati, Nanik; Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus, Kuncoro, Amin; Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IPMAFA Pati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: FEB Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2016
Subjects:
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRAT/article/view/4279
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRAT/article/view/4279/3081
Daftar Isi:
  • Abstract This research aims to examine whether gender and socio economic status influence the perception of ethical accounting students with the Love of money as an intervening variable. The sample used in this study is the Muria Kudus University accounting students. The samples used in this study 68 respondents using purposive sampling that students who have followed the course of Business Ethics and Professional Ethics. Analysis of the data in this study using Path Analysis. The conclusion of this study is 1). Gender differences and social status affect the love of money 2). Gender differences and social status influence the perception of ethical accounting students 3). Love of Money influence the perception of ethical accounting students 4). Gender differences are detrimental to the perception of ethical accounting students through the Love of Money 5). Social status is a determinant of the ethical perception of accounting students through the Love of Money Keywords: Love of money, student perception, social status, gender Abstrak Penelitan ini bertujuan untuk menguji apakah gender dan status sosial ekonomi berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan Love of money sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Muria Kudus. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 68 responden dengan metode purposive sampling yaitu mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Etika Bisnis dan Etika Profesi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Jalur (Uji Path Analysis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Perbedaan gender dan status sosial berpengaruh terhadap love of money 2). Perbedaan gender dan status sosial berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi 3). Love of Money berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi 4). Perbedaan gender merupakan determinan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi melalui Love of Money 5). Status sosial merupakan determinan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi melalui Love of Money. Kata kunci: Love of money, persepsi mahasiswa, status sosial, gender