Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Saat Home Learning terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV MI Al-Mursyidiyyah

Main Authors: Malika, Linda, Takiddin, Takiddin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta , 2021
Subjects:
Online Access: http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/elementar/article/view/20887
http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/elementar/article/view/20887/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kedisiplin saat Home Learning terhadap hasil belajar IPS kelas IV MI Al-Mursyidiyyah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Hasil analisis diperolah harga koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,306, koefisien korelasi tersebut bernilai positif maka terdapat pengaruh positif variabel motivasi belajar dan kedisiplinan saat Home Learning terhadap hasil belajar IPS. Nilai koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,093 atau 9,3% yang berarti bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan saat Home Learning mampu menjelaskan 9,3% perubahan hasil belajar.