Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Karawang

Main Author: Anarde, Nizgita Laili
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.binawan.ac.id/885/1/KEPERAWATAN-2020-NIZGITA%20LAILI%20ANARDE-repo.pdf
http://repository.binawan.ac.id/885/
Daftar Isi:
  • Gadget adalah alat elektronik yang sangat menarik. Gadget mempunyai banyak aneka ragam bentuk seperti handphone, komputer, laptop, tablet, dan lain – lain. Siswa Indonesia termasuk pengguna teknologi tertinggi di dunia dalam pendidikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cambridge International. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif korelasi dengan metode cross sectional dan analisa data menggunakan metode Spearman Rank. Sampel pada penelitian ini sebanyak 76 siswa di SMA Negeri 1 Karawang dengan menggunakan metode purpossive sampling. Penelitian menunjukan adanya hubungan durasi penggunaan gadget terhadap Prestasi Belajar dengan nilai korelasi (r= 0,470) dengan P – value sebesar 0,000 (P – value < 0,05). Sekolah perlu mengetahui mengenai dampak penggunaan gadget secara berlebihan dan pemanfaatan gadget secara tepat sehingga menumbuhkan generasi yang berprestasi.