Hubungan Antara Kecanduan Internet Gaming Dengan Hasil Akademik Remaja Usia 12-15 Tahun Pada Empat Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2018

Main Author: Romdhiani, Ratu Annisa Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.binawan.ac.id/477/1/FISIOTERAPI-2018-RATU%20ANNISA%20NUR%20ROMDHIANI%20repo.pdf
http://repository.binawan.ac.id/477/
Daftar Isi:
  • Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan internet gaming dengan hasil akademik remaja usia 12-15 tahun pada empat sekolah menengah pertama di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur Tahun 2018 Metode : Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian induk yang berjudul “Gambaran Penggunaan Media Elektronik terhadap Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental, dan Akademik Sekolah pada Remaja Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Tahun 2018.” Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 315 sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan instrument Internet Gaming Disorder Scale-Short Form (IGDS9-SF), Sedangkan untuk hasil akademik menggunakan pertanyan mengenai hasil raport di semester lalu. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa kecanduan Internet Gaming terbanyak pada kecanduan rendah sebanyak 230 remaja (73.0%) dan remaja dengan kategori nilai akademik baik dan sangat baik untuk lulus mata pelajaran memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan nilai akademik buruk yaitu sebanyak 195 remaja (61.9%). Didapatkan hasil korelasi hubungan dengan r (0.050) dan statistik hubungan dengan p>0,05. Kesimpulan : Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis di wilayah kecamatan kramat jati Jakarta timur remaja usia 12-15 tahun, didapatkan hasil kecanduan Internet Gaming dengan hasil akademik tidak memiliki hubungan dan secara statistik tidak bermakna.