PENGARUH IKLAN POLITIK DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM
Main Authors: | Nur Halim, Arfian, Suntoro, Irawan, Adha, M. Mona |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/5629 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/5629/3529 |
Daftar Isi:
- This research has a purpose to know the political advertisementâ€TMs influence on television to the beginner electorâ€TMs attention in 2014 general elections (research on XI grade of student of Senior High School 1 Seputih Raman). The method used in this research is correlational descriptive method with ex post facto research type. The research samples are 28 participants. This research uses questioner as the measurementâ€TMs instrument. While data analysis uses interval formula, presentation and continues with bifilar linear regression analysis. The result from data analysis by using bifilar linear regression partially shows that the message of political advertisementâ€TMs variable, the structure of political advertisementâ€TMs message, the source of political advertisementâ€TMs message are not significantly affected the beginner electorâ€TMs attention. All of those three variables affect simultaneously insignificant to the political advertisement on television.Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan politik di televisi terhadap sikap pemilih pemula pada pemilu 2014 (studi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Raman). metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif korelasional dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 28 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument pengukuran. Sementara analisis data dengan rumus interval, presentasi dan dilanjutkan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda secara parsial menunjukan bahwa variabel isi pesan iklan politik, struktur pesan iklan politik, sumber pesan iklan politik berpengaruh tidak signifikan terhadap sikap pemilih pemula. Ketiga variabel berpengaruh secara simultan tidak signifikan terhadap iklan politik di televisi.Kata kunci: iklan politik, pemilih pemula, pemilihan umum