Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara
Main Author: | Nafanu, Sirilius Sirna |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.unimor.ac.id/JEP/article/view/661 https://jurnal.unimor.ac.id/JEP/article/view/661/398 |
Daftar Isi:
- Tujuan utama dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung variabel Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Kefamenanu yang mengetahui produk ikllan le minarale sehingga jumlah sampel yang dijadikan sebagai responden sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan anlisis jalur (path analisis). Hasil penelitian membuktikan bahwa Variabel media iklan (X1) tidak mampu memediasi variabel efektifitas iklan (X4) terhadap Brand Awarnes (Y). Hal ini disebabkan karena nilai hubungan langsung pengaruh media iklan (X1) terhadap brand awarness (Y) sebesar 0,052 lebih besar jika dibandingkan dengan pengaruh secara tidak langsung antara variabel media iklan (X1) terhadap kinerja (Y) jika dimediasi oleh efektifitas iklan (X4) yang nilainya hanya sebesar 0,006. Variabel Pesan Iklan (X2) juga tidak mampu dimediasi oleh variabel efektifitas iklan (X4) terhadap brand awarness (Y), dikarenakan nilai dari pengaruh tidak langsung diperoleh sebesar 0,07 lebih kecil dari pengaruh langsung sebesar 0,219. Variabel kreatifitas Iklan (X3) juga tidak mampu dimediasi oleh variabel efektifitas iklan (X4) terhadap brand awarness (Y), dikarenakan nilai dari pengaruh tidak langsung yang diperoleh sebesar 0,071 masih lebih kecil dari pengaruh langsung yang nilainya sebesar 0,262.