Peningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X TPT 1 SMK Negeri 1 Gempol

Main Author: Sofiyah, Neneng
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Cipta Media Harmoni , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/6
https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/6/6
Daftar Isi:
  • Hasil belajar dan aktivitas siswa ditanamkan kepada siswa melalui beberapa metode dikelas kita menyadari bahwa pada dasarnya manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, Agar dengan pendidikan potensi dirinya dapat berkembang melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan dilakukan oleh masyarakat. Pengamatan awal yang dilakukan terhadap 36 siswa tingkat hasil belajar dan aktifitas siswa rendah, hal ini diduga penyebabnya adalah pembelajaran disekolah masih menggunakan metode ceramah (membosankan ) dan kurang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar yang belajar yang diperoleh masih kurang atau dibawah kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus 1 setelah kegiatan pelaksanaan pembelajaran selesai dilaksanakan, maka peneliti melakukan refleksi dari kegiatan yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat beberapa kendala yang terjadi pada siklus 1, diantaranya siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena jumlah anggota kelompok yang terlalau banyak yaitu 6 siswa, dan hanya melihat tayangan video tentang materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan jadi, dalam siklus 2 akan lebih diperbaiki lagi agar hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih meningkat lagi. Hasil belajar dan aktivitas siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan 75% maka penelitian ini sudah di nyatakan tuntas pada siklus II. Dengan kata lain, analisis ini menun jukkan model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar dan akivitas siswa.