Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Palu

Main Author: Aisyah, Aisyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2016
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/6126
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/6126/4848
Daftar Isi:
  • Hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD Muhammadiyah 3 Palu masih rendah disebabkan karena guru dalam proses pembelajaran Lebih banyak menggunakan metode cerarnah dan pemberian tugas. Pemanfaatan media dalam pembelajaran kurang, sehingga siswa merasa sulit dalam menahami materi dan jenuh dalam pembelajaran. Subjek dan penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Palu tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 70, dengan persentasi ketuntasan minimal 70%, dengan persentase ketuntasan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70%, dan skor performansi guru minimal B (80). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hash belajar slswa 70,93 dengan ketuntasan belajar klasikal 63%, persentase keaktifan siswa dalam proacs pembelajaran sebesar 68,13%, dan nilai performansi guru 7663 (B). Pada sikius II rata-rata nilai hash belajar siswa 80,19 dengan ketuntasan belajar klasikal 96%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 82,89%, dan nilai performansi guru 90.5 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dan sikius I ke siklus II