Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Karunia Kecamatan Palolo Melalui Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda

Main Author: Sa’adiah, Sa’adiah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Tadulako Online
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5500
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5500/4281
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karunia Kecamatan Palolo melalui penerapan model pembelajaran langsung pada materi sifat dan perubahan wujud benda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penelitian sebanyak 12 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian berhasil meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai oleh rata-rata persentase DSK pada siklus I adalah 65% dibandingkan 57,5% sebelum pembelajaran dan meningkat menjadi 73,75% pada siklus II. Rata-rata persentase KBK pada siklus I adalah 29,2% dibandingkan 16,7% sebelum pembelajaran dan meningkat 85,7% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I sama-sama termasuk pada kategori baik dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II. Kesimpulan yaitu model pembelajaran langsung yang diterapkan pada siswa kelas IV SDN Karunia Kecamatan Palolo dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Aktivitas Guru dan Siswa, Hasil Belajar