PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES JONO OGE KECAMATAN SIGI BIROMARU

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Tadulako Online
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5465
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5465/4225
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge, khususnya di kelas IV. Dari tujuan tersebut penelitian ini memberikan manfaat sebagai berikut :1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dan melatih siswa untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus tahun 2015 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang pada siswa kelas IV SD Inpres Jono Oge yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana pada setiap siklus dilaksanakn berdasarkan tahapan penelitian sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Hasil Penelitian yang dilakukan di kelas IV SD Inpres Jono Oge sebanyak dua siklus menunjukkan hasil bahwa pada dasarnya penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang didasari pada perolehan rata-rata persentase pada siklus II, dimana hasil pengamatan aktivitas guru mencapai 94,4% berada di kategori sangat baik. Begitu pula pada hasil pengamatan aktivitas siswa mencapai 93,7% yang juga masuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : pendekatan Problem Based Learning , pembelajaran IPS