PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN OLOBOJU

Main Author: Untu, Abdullah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Tadulako Online
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5464
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5464/4224
Daftar Isi:
  • Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Oloboju pada mata pelajaran IPA. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Oloboju melalui penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart. Adapun rancangan penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang siswa. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 55% berada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90% berada dalam kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 46,7%, berada dalam kategori kurang, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 91,1%, berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 64,70%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 94,12%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 85%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN Oloboju. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Eksperimen