MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN NO. 1 SIKARA MELALUI PENGGUNAAN ALAT KIT IPA
Main Author: | Nailu, Imhar AR |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Tadulako Online
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5431 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5431/4192 |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN No. 1 Sikara melalui penggunaan alat KIT IPA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2015 sampai dengan 7 September 2015 di SDN No.1 Sikara, Dengan subyek kelas VI yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki juga 14 orang siswa perempuan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Keempat tahapan ini dilaksanakan secara sinergis dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 52,00%, daya serap individual 73,60%. Aktivitas siswa berada pada kategori cukup, dan aktivitas guru berada pada kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan keberhasilan dengan ketuntasan klasikal 88,00%, dan daya serap individual 85,20%. Demikian halnya aktivitas siswa serta aktivitas guru mengalami peningkatan secara signifikan yakni pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN No. 1 Sikara. Peningkatan aktivitas berbanding positif dengan peningkatan hasil belajar secara keseluruhan dan sekaligus menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : KIT IPA, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA