PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU KATA PADA SISWA KELAS I SDN NO. 1 SIKARA

Main Author: Semirawati, Semirawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Tadulako Online
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5430
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5430/4189
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN No. 1 Sikara dapat ditingkatkan melalui kartu kata. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan subyek penelitian kelas I yang berjumlah 17 orang siswa, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki juga 10 orang siswa permpuan. Menggunakan instrumen berupa tes evaluasi hasil belajar. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Keempat tahpan ini dilaksanakan secara sinergis dalam dua siklus, kemudian masing-masing siklus dikembangkan menjadi dua pertemuan. Melalui prosedur penelitian diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 6,9%, daya serap individual 50%. Dengan keaktifan siswa berada pada kategori cukup, dan aktivitas guru berada pada kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan keberhasilan dengan ketuntasan klasikal 9,48%, dan daya serap individual 81%. Demikian halnya keaktifan siswa serta aktivitas guru mengalami peningkatan secara signifikan yakni pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan peningkatan keaktifan berbanding positif dengan peningkatan kemampuan membaca siswa secara keseluruhan dan sekali gus menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kata Kunci : Kartu Kata, Kemampuan Membaca