Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Sains Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Sidondo
Main Authors: | Sadriani, Sadriani, Rede, Amram, Darmadi, I Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4649 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4649/9393 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar sains pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Sidondo. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen one shot case study (XO) di mana, X adalah pendekatan saintifik dan O observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: kurikulum 2013, RPP tematik terintegrasi, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket wawancara siswa, dan lembar tes siswa berdasarkan penilaian pada pendekatan saintifik kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar sains siswa. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan berdasarkan gain score normalized (gn) dengan perolehan 0,33 atau dikategorikan mengalami peningkatan sedang. Selain itu, melalui pendekatan saintifik dapat diketahui aktivitas guru dan siswa dikategorikan baik, kemampuan kognitif rata-rata mencapai KKM dan sikap siswa membudaya. Hasil penilaian tentang motivasi siswa didukung oleh hasil wawancara siswa yang memberikan pernyataan-pernyataan positif tentang efektifitas pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik dan Motivasi Belajar Sains