Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Tims – Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Beka

Main Author: Rita, Rita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4648
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4648/9392
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Beka dengan menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap penelitian yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Keempat tahap ini dilaksankan dalam dua siklus, kemudian masing-masing siklus dikembangakn menjadi dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus pertemuan pertama belajar kelompokn dan pertemuan kedua dilakukan persentasie kelompok lalu dilanjutkan dengan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 48% dan daya serap individu 64,40% , jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang siswa dari 25 orang siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada sikus I sebesar 67,31% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II sebesar 83,33% dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63,46% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus diperoleh persentase sebesar 81,25% dan KBK sebesar 88% pada siklus II dengan daya serap individu sebesar 75,20% dengan kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Metode Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa, IPA