Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 10 Tiloan
Main Authors: | Bakar, Hikma I. Hi., Hasdin, Hasdin, Nurvita, Nurvita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4607 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4607/9431 |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal di SDN 10 Tiloan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan meotode belajar yang digunakan oleh Guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap peningkatan hasil belajar Siswa dari sebelumnya, yaitu dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Tiloan. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksankan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, peaksaan, observasi, dan refleksi. Data yang di ambil adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Tehnik analisis data berupa analisis hasil tes evaluasi, observasi aktivitas Siswa dan Guru, dan kerja sama siswa selama diskusi dilakukan. Hasil yang di capai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dilakukan tes evaluasi.hasil presentasi ketuntasan klasik 79,16 % dengan nilai rata - rata 7,5 sedangkan pada siklus II ketuntasan klasik 96,8 % dan nilai rata - rata 9,0. Denagn demikian dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Tiloan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Koopratif Tipe STAD Meningkatkan Hasil Belajar Siswa