Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Buol

Main Authors: Mirsan, Mirsan, Jamaludin, Jamaludin, Yusdin, Yusdin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4606
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4606/9430
Daftar Isi:
  • Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V MIN Buol pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Suharsimi Arikunto, terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V MIN Buol pada semester dua tahun ajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 72,22%, pada siklus II menjadi 88,89%. Hasil tes akhir siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 75,00% dan siklus II menjadi 91,67%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Buol. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi, Pelajaran PKN.