Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV SDN Ganda-Ganda Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara
Main Authors: | Oce, Oce, Ratman, Ratman, Gagaramusu, Yusdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4118 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4118/3060 |
Daftar Isi:
- Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang Konsep Perubahan Wujud Benda di kelas IV SDN Ganda-ganda. Penelitian dilaksanakan di SDN Ganda-ganda, melibatkan 22 orang siswa terdiri atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 49,31% dan daya serap klasikal 69,18%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 89,31% dan daya serap klasikal 92,97%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar klasikal minimal 85% dan daya serap klasikal minimal 65%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa kelas IV pada materi konsep perubahan wujud benda di SDN Ganda-ganda. Kata Kunci: Peningkatan Pemahaman Siswa, Metode Inkuiri