Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam dengan Menggunakan Belajar Kelompok di SDN Wata Kec. Bungku Barat Kab. Morowali
Main Authors: | Judi, Judi, Imran, Imran, Firmansyah, Arif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3992 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3992/2946 |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode belajar kelompok pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Wata Kec. Bungku Barat Kab. Morowali? Pada pembebelajaran IPS. Rendahnya hasil belajar siswa, salah-satunya adalah strategi belajar yang digunakan guru dalam mengajarkan IPS, guru hendaknya melakukan pembelajaran dengan memvariasikan metode pembelajaran yang dirasa cukup sesuai yaitu dengan metode belajar kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Wata pelajaran IPS. Metode penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan metode belajar kelompok. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dikelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Wata melibatkan 24 orang siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 15 orang perempuan yang terdaftar pada tahun 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata 62.08. Pada tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 66.95. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS materi sumber daya alam di SDN Wata. Kata Kunci: Prestasi Siswa IPS, Materi Sumber Daya Alam, Belajar Kelompok