Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali

Main Authors: Latae, Azlia, Barasandji, Sahruddin, Muhsin, Muhsin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2015
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3987
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3987/2941
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan kemampuan siswa menulis permulaan dengan menggunakan metode SAS. Penelitian dilaksanakan di SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali, melibatkan 18 orang siswa terdiri atas 5 orang laki-laki dan 13 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap klasikal 50,00% dana ketuntasan belajar klasikal 33,33%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan daya serap klasikal 78,88% sedangkan ketuntasan belajar klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan di kelas I SDN Tondo. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Menulis Permulaan dan Metode SAS