Penerapan Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres I Sidole
Main Authors: | Santi, Santi, Dhafir, Fatma, Bustamin, Bustamin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3984 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3984/2938 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas yang berjudul Penerapan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres I Sidole. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Sidole yanng berjumlah 15 orang. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 66,67% dan daya serap klasikal adalah 69,2%. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus II adalah 93.3% dan hasil presentase daya serap klasikal siklus II adalah 77,73%. Hal ini menunjukkan persentase peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II pada ketuntasan klasikal sebesar 26,63% dan daya serpa klasikal sebesar 8.73%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres I sidole. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Materi Pelajaran IPA