Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Alat Pencernaan Manusia Melalui Strategi Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Kelas V SDN Inpres Komba-Komba
Main Author: | Latunda, Mega Sofyana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Tadulako Online
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3972 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3972/2927 |
Daftar Isi:
- Keaktifan siswa di kelas V SDN Inpres Komba-Komba dalam belajar Alat Percernaan Manusia masih kurang optimal sehingga hasil belajar mereka rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA materi Alat Pencernaan Manusia melalui strategi pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan di SDN Inpres Komba-Komba di kelas V. Dengan jumlah siswa sejumlah 15 orang, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus kegiatan pembelajaran yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi terhadap hasil tindakan. Hasil tindakan pada siklus I terdapat 5 orang siswa dari 15 jumlah siswa yang tidak tuntas belajar dan ketuntasan klasikal baru mencapai 66,66%. Berdasarkan indikator kinerja, penelitian tindakan pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan sehingga perlu ditindak lanjuti ke siklus II. Pada siklus II terdapat peningkatan nilai ketuntasan klasikal siswa. Akhir siklus II presentase ketuntasan klasikal siswa telah mencapai 100%. Hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa Stratergi Pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres Komba-Komba Kecamatan Bulagi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Make a Match, Alat Pencernaan Manusia