Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Berbantukan Media Gambar Pada Siswa Kelas V di SDN Inpres Bobolon
Main Author: | Nurdin, Hastin Andi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Tadulako Online
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3956 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3956/2911 |
Daftar Isi:
- Masih rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh masih dominannya skill menghafal dari pada skill memproses sendiri pemahaman suatu materi. Selama ini, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih tergolong sangat rendah. Hal ini dapat dilihat masih banyak siswa yang belum tuntas nilainya bersarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Apakah dengan berbantukan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SDN Impres Bobolon? Tujuan penilitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SDN Impres Bobolon dengan berbantukan media gambar. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung selama 3 (tiga) bulan yakni pada Bulan September sampai Nopember 2014. Penelitian ini difokuskan pada dua subjek yakni siswa dan guru. Siswa kelas V secara umum mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II secara signifikan dengan menggunakan media gambar. Dari hasil tes terlihat bahwa pada siklus I didapatkan rata – rata 58,19 atau daya serap klasikal sebesar 58,19% ketuntasan klasikal sebesar 42,85%, sedangkan pada siklus II didapatkan rata – rata 80,47 atau daya serap klasikal sebesar 80,47% ketuntasan klasikal sebesar 95,23%. Analisa data hasil observasi siswa dan analisa data observasi guru menunjukkan peningkatan hasil belajar yang meningkat. Dilihat dari kriteria taraf keberhasilan tindakan observasi siswa dan observasi guru mendapatkan kategori nilai baik. Analisa data hasil observasi siswa siklus II dan analisa data observasi guru menunjukkan nilai yang sangat memuaskan. Dilihat dari taraf keberhasilan tindakan observasi siswa dan observasi guru mendapatkan kategori nilai sangat baik. Hasil observasi siklus I dan II menunjukkan aktifitas siswa dan aktifitas guru dalam pembelajaran dari baik menjadi sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Gambar