Penerapan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Sains Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Lakea
Main Authors: | Sukarta, Sukarta, Husain, Sarjan N, Tangge, Lilies N |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3843 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3843/9480 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media gambar pada mata pelajaran sains di kelas V SDN Lakea. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Lakea yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah: siswa yang tuntas 15 dari 21 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 71,4%, daya serap klasikal 73,8%, serta aktivitas siswa rata-rata dalam kriteria baik. Pada siklus II siswa yang tuntas 19 dari 21 siswa atau ketuntasan klasikal 90,5%, daya serap klasikal sebesar 82,9%, serta aktivitas siswa rata-rata berada dalam krtiteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar pada mata pelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lakea. Kata Kunci: Media gambar, Mata Pelajaran Sains, Hasil Belajar Siswa