Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 10 Biau
Main Authors: | Timumun, Harsono M., Djirimu, Muchlis L., Alibasyah, Lestari M.P. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3842 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3842/9479 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 10 Biau dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD di kelas V yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi Pokok Tumbuhan Hijau. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 63,3%, aktivitas guru berada pada kategori cukup baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 75,06% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 65,08%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,03%, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu 89,08%, dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu 89,04%. Berdasarkan indikator penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Biau. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar