Peningkatan Kemempuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Bahasa di Kelas I SDN Mire
| Main Authors: | Yawu, Surfin, Efendi, Efendi, Barasandji, Saharudin |
|---|---|
| Format: | Article info application/pdf eJournal |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2017
|
| Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3790 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3790/9517 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Mire Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Mire Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una. Rancangan penelitian ini dilaksanakan secara bertahap yaitu meliputi 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil pekerjaan siswa melalui penggunaan bentuk-bentuk kata pada siswa kelas I SDN Mire Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dilakukan dengan cara observasi dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode permainan bahasa dengan penggunaan media kartu-kartu huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima dengan hasil tes awal 40% meningkat 15% menjadi 55% pada siklus I. Pada saat tes akhir siklus II meningkat 30% menjadi 85%. Dari hasil yang didapatkan, maka pembelajaran membacapermulaan siswa kelas I SDN Mire Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una dinyatakan tuntas. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Ketrampilan Membaca, Permainan Bahas
