Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Malangga Selatan Tolitoli
Main Author: | Handayani, Ratnaningsih Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Tadulako Online
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3712 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3712/2691 |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN Malangga Selatan pada pelajaran IPA. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah metode yang digunakan hanya cenderung membuat siswa terlihat duduk, mendengar dan mencatat materi. Siswa tidak dilibatkan langsung dalam pembelajaran karena materi pelajaran kurang menarik dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair-Share pada siswa kelas IV SDN Malangga Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Malangga Selatan dengan jumlah siswa 15 orang, 7 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan perolehan skor aktivitas guru pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata 15,5 ( cukup ) dengan presentase 48,4%. Siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata 32,5 (baik ) dengan presentase 81,25%. Perolehan skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 17 ( cukup ) dengan persentase 48,57% dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 25,5 ( baik ) dengan persentase 72,85t%. Skor nilai rata-rata siswa siklus I adalah 6,8 dan skor nilai rata-rata siklus II adalah 8,3. Nilai rata-rata daya serap klasikal pada siklus I mencapai 69,5% dengan ketuntasan belajar klasikal 43,6%. Pada tindakan siklus II daya serap siswa mencapai 84,5% dengan ketuntasan klasikal 86,6%. Yang berarti pembelajaran pada silkus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe Think pair-Share dengan media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair- Share, IPA, hasil belajar