Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 3 Bangkir Kecamatan Dampal Selatan

Main Author: Nurhaeda, Andi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Tadulako Online
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3549
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3549/2568
Daftar Isi:
  • Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Bangkir pada mata pelajaran IPS. Salah satu factor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam mengajarkan IPS di kelas IV SD Negeri 3 Bangkir. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh Dari hasil tindakan Siklus I. Nilai Rata-rata 71.15, siklus II nilai rata-rata 80,77 dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 11,95 . Jika dilihat dari standar KKM pembelajaran IPS yaitu 70 maka tingkat efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses berhasil sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Bangkir. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Keterampilan Proses