Meningkatkan Pengetahuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Media Gambar Dikelas IV SD Negeri 1 Lalos Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli

Main Authors: Minarni, Minarni, Nadjamuddin, Lukman, Jamaluddin, Jamaluddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2015
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3409
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3409/4252
Daftar Isi:
  • Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Lalos pada mata pelajaran IPS. Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Negeri I Lalos Kecamatan Galang. Pelaksanaan penelitian tindakan ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pembelajaran siswa tentang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) belum 80% mencapai KKM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran dibidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) maka peneliti menerapkan penegetahuan siswa dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan jumlah siswa 20 orang. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 55% dengan nilai rata-rata 6.7. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 90% dengan nilai rata-rata 7.3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibidang mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 lalos Kecamatan Galang kabupaten Tolitoli. Kata kunci: Media gambar, Pengetahuan IPS