Meningkatkan Pemahaman Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) di Kelas IV SDN No.1 Inti Lero Tatari
Main Author: | Andriani, Andriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Tadulako Online
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3386 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3386/2421 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Meningkatkan pemahaman konsep bagian-bagian tumbuhan melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) di kelas IV SDN No.1 Inti Lero Tatari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran konsep bagian – bagian tumbuhan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD, yang melibatkan 21 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki – laki dan 8 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013 – 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Tanggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dikelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 61,90% dan daya serap klasikal 73,33%. pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 86,66%. hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. pada kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada SDN No.1 Inti Lero Tatari. Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar IPA