Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Inquiri di Kelas IV SD Inpres 4 Kasimbar
Main Authors: | Ratnawathi, Ni Wayan, Dhafir, Fatmah, Bustamin, Bustamin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3008 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3008/2083 |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas IV SD Inpres 4 Kasimbar pada mata pelajaran IPA. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pemanfaatan metode inquiri pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres 4 Kasimbar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang siswa, 9 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan materi pelajaran yang diajarkan adalah pengaruh perubahan fisik terhadap daratan. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I pertemuan pertama diperoleh nilai 61,67% berada dalam kategori kurang sedangkan pertemuan kedua diperoleh nilai 71,67% berada pada kategori cukup. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai 83,33% berada pada kategori baik sedangkan pertemuan kedua diperoleh nilai 95% berada dalam kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh 63,33% berada pada kategori kurang sedangkan pertemuan kedua diperoleh 73,33%, berada dalam kategori cukup. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh 88,33%, berada dalam kategori baik sedangkan pertemuan kedua diperoleh 96,67% berada dalam kategori sangat baik. Adapun hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata daya serap klasikal 69,40% serta ketuntasan belajar klasikal 64,71%. Pada siklus II nilai rata-rata daya serap klasikal 88,82% serta ketuntasan belajar klasikal 88,24%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata daya serap klasikal minimal 80% dan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 80%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Metode Inquiri, Pembelajaran IPA