Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II
Main Author: | Gusniar, Gusniar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3005 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3005/2081 |
Daftar Isi:
- Dilihat dari perolehan hasil belajar siswa yang belum memuaskan, sehingga diperlukan penerapan sebuah metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka peneliti tertarik untuk menerapkan metode STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan harapan metode ini dapat mneningkatkan hasil belajar siswa. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN No 2 Ogoamas II? Penelitian dilaksanakan di SDN NO. 2 Ogoamas II, melibatkan 26 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan adalah Pada tindakan siklus I diperoleh KBK 73,07 % dan DSK 72,54 %. Pada tindakan siklus II diperoleh KBK 92,30 % dan DSK 84,85 %. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Mata Pelajaran IPS