Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Membaca Puisi Melalui Teknik Pemodelan
Main Author: | Jalha, Jalha |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3003 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3003/2079 |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah penerapan tekhnik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi di kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar membaca puisi dengan menggunakan tekhnik pemodelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 9 orang dari 14 siswa jumlah keseluruhan, sehingga diperoleh ketuntasan belajar klasikal 64,28% dan daya serap klasikal sebesar 65%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92,85% dan daya serap klasikal 90%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 70%. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan tekhnik pemodelan dapat ditingkatkan kemampuan siswa membaca puisi di kelas IV di SD Inpres 2 Kasimbar. Kata Kunci: Membaca Puisi, Teknik Pemodelan