Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode SAS Siswa Kelas I SDN Ambunu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali

Main Author: Marlina, Marlina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2984
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2984/2059
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan kemampuan siswa membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS. Penelitian dilaksanakan di SDN Ambunu, melibatkan 26 orang siswa terdiri atas 13 orang laki-laki dan 13 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap klasikal 64,2% dana ketuntasan belajar klasikal 53,8%. Dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan daya serap klasikal 85,82% sedangkan ketuntasan belajar klasikal 96,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN Ambunu. Kata Kunci: Membaca Permulaan Metode SAS