Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Randomayang

Main Author: Hadija, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2872
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2872/1960
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Randomayang yang berjumlah 33 orang melalui penerapan teknik pembelajaran bermain peran dengan rancangan penelitian yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus (empat kali pertemuan). Hasil penelitian menunjukkan observasi aktifitas siswa 77,5 % dan guru 77% pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan pada siklus II dengan aktifitas siswa 92,5% dan aktifitas guru 98% berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh siswa yang tuntas 25 dari 33 orang dengan nilai rata-rata kelas 74, ketuntasan klasikal 75,8%, daya serap individu 74% dan daya serap klasikal 74%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 33 dari 33 orang dengan nilai rata-rata kelas 85, ketuntasan klasikal 100%, daya serap individu 85% dan daya serap klasikal 85%. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 15%. Data-data tersebut menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Randomayang. Kata Kunci: Pembelajaran Bermain Peran, dan Hasil Belajar