Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pernapasan Pada Tumbuhan di Kelas IV SDN 2 Laantula Jaya Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali

Main Authors: Wati, Sri Listia, Najamuddin Laganing, Najamuddin Laganing, Gagaramusu, Yusdin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2865
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2865/1953
Daftar Isi:
  • Ide awal penelitian ini karena rendahnya pemahaman belajar siswa pada materi konsep pernapasan pada tumbuhan. Hal inidi sebabkan guru tidak menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam mengajar terutama pendekatan keterampilan proses. Masalah penelitian ini adalah “apakah dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Laantula Jaya” ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Konsep Pernapasan Pada Tumbuhan di kelas IV SDN 2 Laantula Jaya dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Manfaat penelitian ini adalah (1) bagi siswa, dapat menempatkan siswa sebagai subjek atau pelaku dalam hal mencari, memahami, dan menemukan jawaban dari pertanyaan atau solusi masalah yang diperhadapkan kepadanya. (2) bagi guru, dapat menerapkan pendekatan keterampilan proses sebagai pembelajaran yang menarik, menambah keterampilan mengelolah pembelajaran sains di kelas (3) bagi sekolah, memperoleh satu alternatif belajar dimana siswa menemukan dan mencari sendiri materi yang dipelajari dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaurulang/siklus. Data penelitian diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus, dimana pada siklus pertamahanya 4 indikator yang terlaksana dari 7 indikator (57,1%) dengan kualifikasi cukup (C). Pada siklus kedua 7 indikator sudah terlaksana (100%) dengan kualifikasi sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa SDN 2 Laantula Jaya pada Materi Konsep Pernapasan Pada Tumbuhan. Saran dari penelitian ini adalah agar guru Sekolah Dasar yang mengajar Sains, dapat menjadikan pendekatan keterampilan proses ini sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di Sekolah. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa