Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 2 Tuladenggi

Main Author: Daepawala, Alwira
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2722
Daftar Isi:
  • Fokus masalah ini apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 2 Tuladenggi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasiguru dan siswa serta hasil evaluasi proses dan hasil pembelajaran. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Tuladenggi. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus melalui empat tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan 7 orang siswa (35%) dengan kriteria tuntas dan 13 orang siswa (65%) dengan kriteria belum tuntas,dengan demikaian indikator keberhasilan belum mencapai 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus II yaitu 18 orang siswa (90%) masuk dalam kategori tuntas dan hanya 2 orang siswa (10%) yang tidak tuntas, ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian indikator kinerja dalam penelitian ini telah berhasil pada siklus II sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarankooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahamnan siswa kelas V SDN 2 Tuladenggi. Kata kunci : membaca pemahamnan; kooperatif tipe STAD