MeningkatanHasil Belajar Siswa Kelas V SDN No.2 Lombonga Kecamatan Balaesang Kab. Donggala dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPA
Main Authors: | Rifai, Ahmad, Kamaluddin, Kamaluddin, Kasim, Amiruddin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2713 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2713/1829 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN No.2 Lombonga. Jumlah siswa16 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Materi untuk siklus I yaitu penyesuaian diri tumbuhan, dan untuk siklus II yaitu penyesuaian diri hewan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 75%, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu 84,37%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,75%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 95,31%. Hasil observasi aktivitas siswa berupa penilaian afektif berada dalam kategori sangat baik yaitu 90,2% dan psikomotor berada dalam kategori sangat baik yaitu 89,0%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN No.2 Lombonga pada Mata Pelajaran IPA. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe STAD, hasil belajar IPA.