Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Melalui Pengintegrasian Permainan Kartu Pada Siswa Kelas II SDN Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan

Main Author: Madasia, Asriani H.L.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2516
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2516/1670
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada permasalahan, yaitu: “Apakah pengintegrasian permainan kartu dapat mengatasi kesulitan membaca siswa di kelas II SDN Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan membaca melalui pengintegrasian permainan kartu pada siswa kelas II SDN Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Rancangan penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus yaitu meliputi 4 tahap : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif yakni data yang diperoleh dari hasil pekerjaan siswa melalui pengintegrasian permainan kartu yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima, dengan hasil tes akhir dari nilai rata-rata 58,75 pada saat tes awal menjadi 70,63 pada saat tes akhir siklus 1, dan 81,25 pada saat tes akhir siklus 2. Dari hasil yang diperoleh, maka pembelajaran membaca siswa kelas II SD Negeri Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai kepulauan dinyatakan tuntas.