Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 15 Sigi
Main Authors: | Wahyuni, Dewi Steri, Ali, Muhammad, Supriyatman, Supriyatman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16413 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16413/11865 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe and Explain terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas kontruksi. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 16,5 dan kelompok kontrol sebesar 12,66. Analisa data Uji Hipotesis menggunakan Uji-t dua pihak, diperoleh = 4,03 dan = 2,02 pada taraf nyata α = 0,05. Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Predict, Observe and Explain terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi.