Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Alkhairaat Pusat Palu
Main Authors: | Ariyanti, Eka, Ali, Muhammad, Werdhiana, I Komang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16284 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16284/11765 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode buzz group bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Alkhairaat Pusat Palu, dengan jumlah siswa 17 orang. Penelitian ini meliputi empat tahap (i) perencanaan, (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi dan (iv) refleksi. Berdasarkan analisis data, hasil belajar siklus I diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 70,58%, Daya Serap Klasikal 78,43%, aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 94,12%, Daya Serap Klasikal 93,33%, aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori baik. Hal ini memenuhi indikator kinerja yang telah ditentukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode buzz group dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Alkhairaat Pusat Palu.